Sabtu, 07 Juli 2012

Pernikahan dan Keluarga



Dalam perjalanan kehidupan kita, kita berada di titik-titik yang berbeda dalam siklus kehidupan keluarga. Fase-fase siklus kehidupan keluarga mencakup meninggalkan rumah dan menjadi orang dewasa yang hidup sendiri, bergabungnya keluarga melalui pernikahan (pasangan baru), menjadi orang tua dan sebuah keluarga dengan anak, keluarga dengan remaja, keluarga pada kehidupan usia tengah baya, dan keluarga pada kehidupan usia lanjut.
a.        Meninggalkan Rumah dan Menjadi Orang Dewasa
Meninggalkan rumah danmenjadi orang dewasa yang hidup sendiri adalah fase pertama dalam siklus kehidupan keluarga dan melibatkan pelepasan (launching). Pelepasan adalah proses dimana orang muda menjadi orang dewasa dan keluar dari keluarga asalnya. Periode pelepasan adalah waktu bagi kaum muda dan orang dewasa muda untuk merumuskan tujuan hidupnya, untuk membangun identitas, dan menjadi lebih mandiri sebelum bergabung dengan orang lain untuk membentuk keluarga baru.
b.        Bergabung Menjadi Keluarga Melalui Pernikahan Pasangan baru
Pasangan baru adalah fase kedua dari siklus kehidupan keluarga, dimana dua individu dari dua keluarga yang berbeda bersatu untuk membentuk satu sistem keluarga yang baru. Fase ini tidak hanya melibatkan pembangunan satu sistem pernikahan baru, tetapi juga penyusunan kembali hubungan dengan keluarga jauh dan teman-teman untuk melibatkan pasangan. Pernikahan biasanya digambarkan sebagai bersatunya dua individu, tetapi pada kenyataannya adalah persatuan dua sistem keluarga secara keseluruhan dan pembangunan sebuah sistem ketiga yang baru. Beberapa ahli pernikahan dan keluarga percaya bahwa pernikahan mencerminkan fenomena yang berbeda-beda bagi perempuan dan laki-laki.
c.         Menjadi Orang Tua dan Keluarga dengan Anak
Menjadi orang tua dan keluarga dengan anak adalah fase ketiga dalam siklus kehidupan keluarga. Memasuki fase ini menuntut orang dewasa untuk maju satu generasi dan menjadi pemberi kasih sayang untuk generasi yang lebih muda.
d.        Keluaraga dengan Anak Remaja
Keluarga dengan anak remaja adalah fase keempat dalam siklus kehidupan keluarga. Remaja adalah masa perkembangan dimana individu mendesak untuk memperoleh otonomi dan berusaha mengembangkan identitas diri.
e.         Keluarga pada kehidupan Usia Tengah Baya
Keluarga pada usia tengah baya adalah fase kelima dari siklus kehidupan keluarga. Ini adalah saat melepaskan anak-anak, memainkan peran penting dalam menghubungkan antar generasi, dan menyesuaikan diri dengan perkembangan perubahan hidup pada usia tengah baya.
f.          Keluarga pada Kehidupan Usia Lanjut
Keluarga pada kehidupan usia lanjut adalah fase keenam dan terakhir dalam siklus kehidupan keluarga. Pension mengubah gaya hidup sebuah pasangan yang memerlukan penyesuaian diri. Menjadi kakek-nenek juga menandai juga menandai banyak keluarga dalam fase ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar