Sabtu, 07 Juli 2012

Masa Remaja


Remaja merasa bahwa mereka seolah-oleh akan hidup selama-lamanya. Kadang-kadang mereka yakin bahwa mereka mengetahui segala sesuatu. Di dalam pikiran dan jasmaninya, remaja mewarnai dan mengeksplorasi dunianya dengan penuh keberanian. Dalam banyak hal, remaja dewasa ini diberi hak istimewa, memegang dan mempertahankan kekuatan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Pada saat yang sama, mereka melalui suatu persiapan hidup yang nampaknya tidak berakhir. Mereka mencoba mengidentifikasikan diri mereka dengan orang lain, untuk menemukan sebuah jati diri mereka sendiri. Mereka berusaha sekuat tenaga memainkan permainan-permainan orang dewasa, tetapi mereka dibatasi oleh komunitas teman-teman sebaya mereka sendiri. Mereka ingin orang tua mereka memahami mereka.
Suatu analisis yang cermat mengenai semua aspek perkembangan dalam masa remaja, yang secara global berlangsung antara umur 12 teman-teman sebaya mereka sendiri. Mereka ingin orang tua mereka memahami mereka.
Suatu analisis yang cermat mengenai semua aspek perkembangan dalam masa remaja, yang secara global berlangsung antara umur 12 dan 21 tahun, dengan pembagian 12-15 tahun: masa remaja awal, 15-18 tahun: masa remaja pertengahan, 18-21 tahun: masa remaja akhir. Masa pubertas meliputimasa remaja awal dan berisi perubahan fisik seperti percepatan pertumbuhan dan timbulnyaseksualitas.
Anak remaja sebetulnya tidak mempunyai tempat yang jelas. Ia tidak termasuk golongan anak, tetapi iatidak pula termasuk golongan orang dewasa atau golongan tua. Remaja ada diantara anak dan orang dewasa. Remaja masih belum mampu menguasai fungsi-fungsi fisik maupun psikisnya. Ditinjau dari segi tersebut mereka masih termasuk golongan kanak-kanak, mereka masih harus menemukan tempat dalam masyarakat. Pada umumnya mereka masih belajar di sekolah menengah atau perguruan tinggi. Apabila mereka bekerja, mereka melakukan pekerjaan sambilan dan belum mempunyai pekerjaan yang tetap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar