Senin, 09 Juli 2012

Manfaat Bermain bagi Anak

            Manfaat bermain bagi anak bukan hanya hiburan dan relaksasi, melainkan juga memungkinkan anak belajar, baik emosional maupun intelektual. Dari segi emosional, seorang anak kecil sekali pun dapat memainkan berbagai aspek kehidupan yang sebenarnya belum dipahaminya, sehinggga ia menjadi lebih tau apa yang sedang terjadi dan dapat menghadapinya dengan lebih mudah. Dari segi intelektual, bermain dapat membuat anak menyerap informasi baru dan kemudian memanipulasinya sehingga cocok dengan apa-apa yang telah diketahuinya.
            Melalui bermain, seorang anak dapat mempraktekkan dan meningkatkan pemikirannya serta mengembangkan kreativitasnya. Bermain bersama teman merupakan cara yang sangat bermanfaat untuk mempelajari keterampilan sosial dan kemahiran berkomunikasi, terutama bagi anak-anak yang memiliki ecenderungan untuk menyendiri.
            Bermain dapat memperkaya hidup anak dan kesempatan itu akan makin berkurang jika ia masuk sekolah. Sudah menjadi aturan pokok dalam perkembangan anak bahwa anak yang paling canggih dan matang sekalipun masih membutuhkan kegiatan bermain. Di samping kegiatan bermain sehari-hari yang disukai anak-anak, orang tua juga bisa member saran dan usulan tentang kegiatan bermain ini. Kelompok bermain dan taman kanak-kanak sering menyediakan pasir dan air untuk bermain, di samping berbagai kegiatan kelompok. Inilah beberapa ide untuk orang tua di rumah, yang bisa memberikan latihan mental bagi anak-anak yang cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar